readbud - get paid to read and rate articles

Sabtu, 13 November 2010

Bencana Wasior dan Mentawai Tidak Mempengaruhi Inflasi . .

TEMPO Interaktif, Jakarta -Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan bencana yang terjadi di wilayah-wilayah tertentu juga dapat menjadi penyebab naiknya inflasi. "Bencana itu bisa berpengaruh, bisa juga tidak berpengaruh terhadap inflasi," kata dia.
Menurutnya, jika bencana terjadi di wilayah-wilayah sentra produksi, maka akan menyebabkan produksi barang terganggu.  Terganggunya produksi akan menyebabkan harga barang otomatis menjadi naik dan mempengaruhi tingkat inflasi.
"Kalau Mentawai dan Wasior, keduanya bukan tempat produksi. Jadi menurut saya hampir tidak ada pengaruhnya terhadap inflasi saat ini," ucap Djamal.
Menurut  Direktur  Statistik  Harga  BPS  Sasmito  Wibowo,  kesiapan infrastruktur di wilayah bencana juga cenderung membuat inflasi tidak banyak terpengaruh. "Contohnya, setelah tsunami di Aceh, harga di seluruh pulau Sumatera selama setahun tidak stabil," kata Sasmito.
Ketika terjadi bencana di pantai selatan Jawa, hanya wilayah sekitar Solo dan Purwokerto yang terkena dampak. Sasmito memperkirakan, infrastruktur yang bagus di wilayah Jawa menjadi penyebab dampak bencana dapat segera terkendali dan tidak banyak mempengaruhi inflasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar